SEMOGA LUMAYAN

JANANG.ID- 22/11/2019 – Tak terasa, hampir 2 tahun janang.id hadir ke hadapan Tamu Alek semua. Banyak hal yang telah kami lalui, berbenah setiap hari. Perjalanan ini kian terasa pelik saja rasanya, hanya saja, kami, belum mau menyerah memberikan sesuatu yang berbeda kepada khalayak sastra. Ya, salah satu tujuan kami memang itu; berbeda.

Berkali-kali melakukan evaluasi, berkali-kali rapat panjang, jajaran redaksi yang hilang dan datang, kucuran dana yang masih jauh dari kata ‘layak’ untuk sebuah media, hal ini kami rasakan benar. Tidak bisa tidak, naskah-naskah yang masuk ke redaksi, sebelum dimuat, kami anggarkan dulu dananya. Alhasil, meski sebenarnya naskah yang masuk sebenarnya layak muat, namun, karena rasanya berat mencarikan ‘hadiah’ beberapa naskah urung kami terbitkan. Bahagianya kami, naskah yang kami anggap layak muat menemui jodohnya di media lain.

Tak jarang pula, masih karena keterbatasan dana, sebelum pemuatan naskah, tak jarang, kami menghubungi masing-masing kontributor untuk ditangguhkan pencairan honor! Sungguh-sungguh celaka!

Ya, tidak bisa tidak, penggalangan dana untuk satu media penerbitan memang perlu adanya, hanya saja, ini masih kami pikirkan betul bagaimana cara mencarinya, memperjuangkannya. Bisa saja nanti, ketika memang mendapat “bantuan” jati diri kami luruh bersama pemberi bantuan. Ini tentu kami pikirkan masak-masak dahulu.

Tawaran untuk melobi pemerintahan dan politikus misalnya, hal ini memang perlu dikaji masak-masak dahulu. Ada usul? Ehe. Kami menyampaikan ini, karena kami ingin menyampaikan ini. Itu saja!

Adapun, untuk meneruskan langkah ke depan, banyak hal yang menjadi perhatian kami. Semisal bikin buku antologi buat naskah-naskah yang telah tayang. Ya, semoga saja ada jalannya untuk mewujudkan semua itu.

Mimpi tidak terjadi di dalam tidur saja, semoga!

Facebook Comments

About the author

mm
janang.ID
mm By janang.ID