PLAGIAT

https://islam.nu.or.id/

Plagiat, atau tindakan plagiarisme adalah penjimplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya sebagai karangan/pendapat sendiri. Tindakan plagiat berlangsung di mana saja. Semua yang berkaitan dengan seni, karangan, musik/lagu, atau bahkan rancangan sebuah gedung pun bisa diplagiat oleh orang lain.

Selain tuduhan/sangkaan Jassin kepada Chairil yang bikin mereka berdua ngambekan, kasus yang lumayan besar adalah kasus seorang oknum dosen di salah satu perguruan tinggi favorit, ia bahkan mengundurkan diri dari jabatannya, meski menolak telah melakukan tindakan plagiat. Kamu masih ingat salah seorang pelajar yang menyalin puisi Chairil Anwar dan diterbitkan di salah satu media di Jambi? Masih ingat seorang cerpenis yang katanya melakukan plagiat hingga 31 cerpen? Masih ingat puisi Hasta Indrayana yang diplagiat dan terbit di salah satu media nasional? Paling baru, kasus cerpennya Risda Nur Widia yang diplagiat oleh orang yang mendaku sastrawan, cerpenis, novelis? Wgwg.

Apa Tamu Alek masih ingat itu? Jujur saja, dalam penulisan ini pun, kami cuma ingat peristiwanya semata, tidak langsung ingat pelakunya siapa. Dengan memutuskan diri sebagai plagiat, itu bukanlah kiamat bagi tulisan/karya Anda. Orang-orang pada akhirya pun akan lupa juga. Hanya saja, Anda sebagai pelaku, tentu akan mengingat itu sampai Anda meninggal nanti.

Bagaimana, Mas/Mbak pelaku plagiarisme? Sudah plagiat hari ini? Hayok atuh, bikin kami-kami kaget lagi. Wgwg. Masa sastra Indonesia sepi gini sich!

Nggak seru!

Facebook Comments

About the author

mm
janang.ID
mm By janang.ID