MALAM TERAKHIR PEKAN NAN TUMPAH 2019

JANANG.ID, 24/11/2019 – Pekan Seni Nan Tumpah pada tahun ini diselenggarakan dengan 2 konsep festival. Pekan Seni Rupa dan Pekan Seni Pertunjukan. Pekan Seni Rupa diselenggarakan di Galeri Taman Budaya Sumatera Barat pada tanggal 16-23 November 2019, dengan tema “Langgam Rupa”. Pameran ini diisi oleh beberapa orang perupa muda Sumatera Barat, di antaranya Benny Saputra, Brian Fadli Fahmi, Erik Darma Utama, Gendi Malinyo, Hanif Hamdani, Huddiyal Ilmi, Imam Teguh, Salman Hijrah, dan Thariq Munthaha.

Selanjutnya, Pekan Seni Pertunjukan akan diselenggarakan di Gedung Mursal Esten Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang pada tanggal 18-24 November 2019 dengan tema “Lisan Tubuh” yang menampilkan berbagai macam pertunjukan tari, teater dan musik dari Teater Sks (Padang), Wan Dance Studio ( Pekanbaru), Darak Badarak (Pariaman), Hijau Hujan Dance Lab (Lampung-Yogyakarta), Payung Sumatera Dance Theater (Padang) dan ditutup dengan pertunjukan Komunitas Seni Nan Tumpah (Padangpariaman)

Pada pertunjukan terakhir ini, Komunitas Seni Nan Tumpah tidak menampilkan teater sebagai mana pertunjukan-pertunjukan utama pada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, Komunitas Seni Nan Tumpah akan menampilkan musik puisi sebagai pertunjukan utamanya, pertunjukan musik-puisi bertajuk “Sebait Malam Minggu dan Gadis yang Berpusaka Kesumat”. Puisi yang multitafsir itu dijakan sebagai pijakan awalnya. Bahasan puisi tersebut dikemas oleh Tengku Raja Ganesa selaku komposer. Tengku berharap, pertunjukan ini bisa membuat puisi dan musik menjadi satu wahana yang utuh. Puisi dan musiknya tidak saling menutupi salah satunya, tidak menonjol salah satunya. Tengku berharap, dengan kesesuaian rima dan bunyi ini, sesuai di mata dan telinga penyaksi pertunjukan.

Malam ini, 24 November 2019 pukul 20.00 wib, di Gedung Mursal Esten Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Bagi Tamu Alek yang punya kelapangan waktu, mari ramaikan bersama. Jadilah penyaksi, jadilah arti.*

Facebook Comments

About the author

mm
janang.ID
mm By janang.ID