Go Poet

Go Poet

JANANG.ID–09/01/2020- Melalui story WhatsApp yang disebar Marsten L. Tarigan, kami menerima kabar bahwa ia tengah bergiat menyebarkan dan menggiatkan puisi. Kegiatan itu ia namai Go Poet.

Go Poet adalah layanan jasa penulisan, pengantaran -dan kemudian dibacakan- puisi kepada orang-orang yang ditunjuk oleh pemesan puisi. Puisi diorder melalui kontak WhatsApp dan dibacakan di hadapan penerima. Puisi yang dibacakan, merupakan puisi yang ditulis Marsten L. Tarigan sesuai tema yang diinginkan pemesan.

Ada yang meminta puisi untuk seekor kucing, ada pula puisi untuk seorang perempuan, begitu yang kami lihat di YouTube, publikasi lanjutan acara yang dimaksud.

Marsten L. Tarigan
Marsten L. Tarigan

Wilayah capaian Go Poet ini, masih di wilayah domisili Marsten L. Tarigan, dan akan berlangsung hingga tanggal 12 Januari 2020 di kota Bandung, Jawa Barat.

Performing Art Marsten L. Tarigan bersama tim ini sangat menarik hati, dan layak diapresiasi. Kegiatan semacam ini tentu membuat puisi itu sendiri tepat sasaran dan sampai kepada orang-orang yang mencintai puisi, meski, ranah yang akan ia capai menjadi sempit, antara pemesan, penyair yang membacakan puisi, dan penerimanya.

Puisi diantarkan ke wilayah puisi itu sebenarnya berada, wilayah inti, wilayah sepi, wilayah yang jauh dari hingar bingar. Cobalah kita lihat acara-acara perayaan puisi di berbagai wilayah Nusantara ini, apakah acara semacam itu serta merta membuat puisi sampai ke masyarakat? Perlu tinjauan khusus untuk menelitinya, dan perlu referensi yang banyak pula, tentunya.

Mengupak Api yang Hampir Padam (Buku Puisi Marsten L. Tarigan)
Mengupak Api yang Hampir Padam (Buku Puisi Marsten L. Tarigan)

Kami yakin dan percaya, jika Go Poet ini juga dilaksanakan di daerah lain -oleh sastrawan/penyair lain- tentu bisa menghadirkan geliat baru bagi perpuisian tanah air. Ya, semoga saja ada penyair-penyair lainnya yang menangkap wacana ini, dan atas semangat kerja ini, kepada Marsten L. Tarigan beserta seluruh tim Go Poet kami ucapkan banyak terima kasih.

Ayo, tunggu apalagi. Jika kamu berada di wilayah Kota Bandung dan ingin merasakan keseruan ini, sila hubungi kontak 0821-2951-4663.(*)

Facebook Comments

About the author

mm
MAULIDAN RAHMAN SIREGAR

MAULIDAN RAHMAN SIREGAR, lahir di Padang, 03 Februari 1991. Penyair bukan, cerpenis tidak, tapi pengen. Buku puisinya, Tuhan Tidak Tidur atas Doa Hamba-Nya yang Begadang (Erka Publishing; 2018), Menyembah Lampu Jalan (Purata Utama; 2019)

mm By MAULIDAN RAHMAN SIREGAR