Menu

Mode Gelap
Api Prometheus I Cerpen – Aldi Rijansah Naik Becak Denganmu – SAJAK-SAJAK NGADI NUGROHO Asmara yang Tidak Diakali Waktu Tutorial Mengubah Nasib – SAJAK-SAJAK MAULIDAN RAHMAN SIREGAR Bila Ia Tertidur – Sajak-sajak Ilham Wahyudi

Budaya · 26 Feb 2024 08:10 WIB ·

SMK Penerbangan Nusantara (SPN) Ketaping Menerima Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2024 – 2025


 SMK Penerbangan Nusantara (SPN) Ketaping Menerima Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2024 – 2025 Perbesar

JANANG.ID, PADANG PARIAMAN – SMK Penerbangan Nusantara (SPN) Ketaping kembali membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk Tahun Ajaran 2024/2025.

Sekolah ini, merupakan sekolah yang tepat bagi peserta didik yang memiliki minat berkarir di dunia penerbangan. Penanaman kedisiplinan yang dibantu pendidikan semi militer membuat sekolah ini juga diminati peserta didik yang ingin mendapatkan basic militer, bekal buat jadi abdi negara, TNI/Polri.

Berbeda pada tahun-tahun sebelumnya. SMK Penerbangan Nusantara (SPN) Ketaping untuk Tahun Ajaran 2024/2025 tak lagi mewajibkan peserta didik untuk berasrama. Peserta didik yang tinggal di dekat lokasi sekolah, sudah diperbolehkan tinggal di rumah masing-masing.

Maulidan Rahman Siregar, S. Pd. I, selaku Wakil Ketua PPDB Tahun 2024/2025 mengatakan, “SMK Penerbangan Nusantara (SPN) Ketaping selama ini Boarding School, mewajibkan peserta didik untuk berasrama, namun pada tahun ini, demi menunjang minat dan menampung seluruh aspirasi masyarakat dan peserta didik, asrama tak lagi diwajibkan. Hal ini dimaksudkan untuk menekan biaya masuk sekolah. “Kami yakin, dengan tidak berasrama, penanaman kedisiplinan masih bisa diupayakan.”

Maulidan menambahkan, “Masih banyak masyarakat yang beranggapan kalau SMK Penerbangan adalah SMK yang mahal, makanya pada tahun ini, kami menjadikan asrama sifatnya opsional, boleh berasrama, dan boleh tidak.”

Hal ini tertuang dalam hasil rapat internal antara unsur pimpinan bersama guru/instruktur. Alhamdulillah, uang masuk sekolah tahun ini bisa berkurang. Hal ini tentu bisa menambah animo masyarakat.

Di kesempatan lain, Rahma Fitri, S.Pd selaku bendahara sekolah yang kami wawancara via telepon mengatakan, “Memang banyak di antara anak-anak kami yang berasal dari keluarga sederhana, tergantung anaknya mengelola literasi keuangannya. Dan alhamdulillah-nya, Anak-anak kami bisa menyesuaikan. Tidak menjadi beban orangtua.”

Makmur T, M.Pd, Kepala Sekolah SMK Penerbangan Nusantara (SPN) Ketaping, mengatakan: “Pada PPDB Tahun Ajaran 2024/2025 ini, biaya masuk sekolah setara dengan biaya satu semester belajar, yakni hanya Rp. 2.000.000,-

Penurunan biaya masuk ini guna menjangkau seluruh lapisan masyarakat, agar tidak ada lagi anggapan bahwa sekolah penerbangan itu memakan banyak biaya.

Suci Mistika Sari, Ketua PPDB Tahun Ajaran 2024/2025 menyebut bahwa pada tahun ini, SMK Penerbangan Nusantara (SPN) Ketaping membuka 5 (lima) jurusan, di antaranya:

A. Airframe Powerplant (AP)
Jurusan ini mengulas dan mempelajari tentang bagaimana pemahaman dasar pesawat terbang, cara merawat atau memelihara dan memperbaiki pesawat terbang.

B. Electrical Avionic (EA)
Jurusan ini mengulas dan mempelajari tentang bagaimana pemeliharaan dan perbaikan instrumen elektronika pesawat terbang.

C. Manajement Cargo (Pengiriman Barang)
Jurusan ini mengulas dan mempelajari tentang perancangan dan manajemen untuk memastikan  aliran barang, informasi, modal, dan uang yang identik dengan pengiriman barang.

D. Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif (TKRO)
Jurusan ini mengulas dan mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil sebagai cabang ilmu perkembangan otomotif.

E. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM)
Jurusan ini mengulas dan mempelajari tentang pengembangan alat transportasi menggunakan mesin, bermotor 2 tak dan 4 tak, terutama sepeda motor.

Maulidan Rahman Siregar menambahkan, pada dasarnya sekolah kita bertujuan mencetak tenaga teknisi penerbangan yang handal, akan tetapi dalam perkembangannya, banyak pula lulusan kami yang diterima sebagai TNI/Polri. Informasi seputar lulusan dapat dilacak melalui akun resmi instagram @spnketaping

Pada tahun 2024 ini, gelombang pertama sudah dibuka pada tanggal 27 Januari 2024 dan berhasil menjaring 38 orang Taruna/i baru.

Gelombang kedua penerimaan masuk dibuka hingga tanggal 02 Maret 2024. Dan gelombang ketiga dibuka jika ketersediaan kuota masih ada.

Ayo segera daftarkan  dirimu sekarang juga melalaui website: www.smkspnketaping.sch.id

Contac Person:  0821-9042-5551 (text only)

SMK Penerbangan Nusantara (SPN) Ketaping

Discipline, Excellent, Honesty.

Artikel ini telah dibaca 104 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tembok Putih – Cerpen Haniah Nurlaili

2 November 2023 - 18:02 WIB

Nana – Cerpen Maulidan Rahman Siregar

2 November 2023 - 17:57 WIB

Geliat Musisi Kota Padang – Festival Pusako 11-15 Oktober 2023

16 October 2023 - 02:35 WIB

Hari ke-3 Payakumbuh Poetry Festival (PPF) 2023

6 October 2023 - 09:33 WIB

Hari Pertama di Payakumbuh Poetry Festival (PPF) 2023

4 October 2023 - 22:24 WIB

Puisi Berpilin Tiga – Bincang Bersama Penyair Tetangga (Payakumbuh Poetry Festival, 2023)

1 October 2023 - 23:52 WIB

Trending di Budaya